Langsung ke konten utama

Sensasi Ngabuburit di Banyuwangi, Seperti Senja di Bali

Foto: Pemerintah Kab. Banyuwangi
Jakarta, CNBC Indonesia- Anda berencana mudik ke Jawa Timur dengan keluarga besar? Ingin menghabiskan libur menjelang Lebaran di Bali tapi bingung mau buka puasa di mana? Jangan khawatir.

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun ini, pemerintah Kab. Banyuwangi meluncurkan paket wisata buka puasa di tepi pantai berlatar Selat Bali yang menjanjikan pemandangan sunset yang indah. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan indah, makanan enak, hingga sholat maghrib sampai tarawih berjamaah.

"Kami memang meminta para pelaku wisata untuk bikin paket wisata yang berbeda saat Ramadhan ini, salah satunya adalah wisata buka bersama di pinggir pantai. Pasti asyik karena pas sunset, pemandangannya indah, berpadu dengan suara deburan ombak," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, Minggu (12/5/2019).

Salah satu spot wisata yang disiapkan Pemkab dan pelaku usaha pariwisata di Banyuwangi adalah Villa Solong. Dengan pemandangan villa yang hijau dan pohon-pohon kelapa menjulang tinggi, buka bersama digelar lesehan langsung menghadap Selat Bali. Di lokasi itu pula, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, dan istri para menteri Kabinet Kerja beberapa waktu lalu menikmati santap siang.

Selain di tempat tersebut, sejumlah hotel dan resor yang berada di pinggir pantai juga menyediakan paket wisata berbuka puasa serupa, dengan keunggulan pemandangan di masing-masing lokasi serta menu kuliner yang ditampilkan.

"Pengunjung bisa memilih menu khas Banyuwangi seperti nasi tempong, pecel pitik, ayam kesrut. Bisa pula memilih menu western," kata Anas.

"Sebagai makanan pembuka, ada jajanan tradisional seperti ketan kirip, kucur, dan pisang goreng. Minumnya tentu saja kelapa muda segar yang baru dipetik langsung dari pohonnya," imbuhnya.

Untuk mempromosikan wisata buka puasa tersebut, Anas ikut menggunggah video blog di akun Instagramnya. Dalam videonya, Anas mengatakan, pengunjung yang datang tidak perlu khawatir untuk menunaikan ibadah salat maghrib dan tarawih karena telah disediakan fasilitas salat di sana.

"Bisa berjamaah bersama-sama keluarga, atau memilih tempat yang diinginkan. Berjamaah langsung di hamparan lansekap hijau di tepi pantai," jelasnya.

Anas menambahkan, paket wisata berbuka puasa di tepi pantai itu memang didesain untuk wisatawan domestik. Saat bulan puasa, kunjungan wisatawan ke Banyuwangi memang cenderung menurun. Adanya paket wisata unik seperti ini bisa menarik perhatian.

"Termasuk nanti itu bisa dinikmati para pemudik. Mereka yang mudik ke Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, ayo mampir sejenak menikmati wisata buka bersama di tepi pantai ini. Demikian pula para pemudik dari Bali yang akan menuju ke berbagai daerah di Pulau Jawa, bisa mampir semalam menikmati paket wisata ini," pungkasnya.

Sumber : CNB Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pria yang Ancam Penggal Kepala Jokowi Ditangkap!

Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap pria yang mengancam Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pria itu berinisial HS. "Sudah (ditangkap)," Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Minggu (12/5/2019). Namun Argo belum merinci informasi terkait penangkapan itu. Status hukum pria itu juga belum dijelaskan Argo lebih lanjut. Pria berjaket cokelat itu diketahui dari video yang viral di media sosial. Pria tersebut mengancam akan memenggal kepala Jokowi saat mengikuti demo di depan Bawaslu beberapa hari lalu. "(Melaporkan) orang yang melakukan ancaman yang menurut kita mengerikan dan menakutkan. Kejadiannya di Bawaslu," kata Ketum Tim Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer, setelah melapor di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (11/5). Atas hal itu, relawan Jokowi Mania melaporkan pria tersebut ke polisi. Dalam laporannya, pelapor menggunakan Pasal 27 ayat 4 jo Pasal 45 ayat 1 UU

Jokowi Tinjau Bukit Soeharto Kaltim, Lokasi Ibu Kota Baru RI?

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019). Salah satu tujuan kunjungan Jokowi adalah melihat calon ibu kota baru RI. "Informasi awal Presiden Joko Widodo akan ke Bukit Soeharto untuk melihat kemungkinan pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur," kata Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Riawati di Samarinda seperti dikutip laman resmi Pemprov Kaltim. Jokowi terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 09.00 WIB atau 10.00 WITA. Tiba di Bandara SAMS Balikpapan sekitar pukul 12.00 WITA, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan jajaran menyambut rombongan kepala negara. Setelah beristirahat sejenak, Presiden dan rombongan melanjutkan kunjungan menuju kawasan Bukit Soeharto. Titik peninjauan direncanakan berada di Kilometer 35 + 800 meter, tepatnya di Seksi 2 Jalan Tol Balikpapan-Sam